Kehidupan masyarakat di Indonesia kita memanglah sarat akan mitos, khususnya pada orang Jawa. Bagi kebanyakan orang Jawa, banyak hal yang dekat dengan kehidupan kita sehari-hari, yang dipercaya akan pamali bila dilakukan. Namun akan tetapi nyatanya hal yang dianggap mitos dan pamali tersebut memiliki sisi logis yang relevan dengan realitasnya.

Mitos sebenarnya disebar untuk hal-hal yang baik dan tidak menyesatkan. Apa saja sih mitos-mitos yang sering kita dengar itu?

1. Jika Makan Tidak Habis Maka Hewan Peliharaan akan Mati

Saat waktu kamu masih kecil dulu, pasti pernah kan tidak menghabiskan makanan yang disuapi oleh ibumu. Dari banyaknya alasan, pasti kamu sering mengiyakan alasan karena tidak menyukai beberapa lauk makanan tersebut bukan? Dan jika kamu rewel seperti itu, ibumu pasti akan bilang “Makan harus habis, jika sisa nanti ayam/ikan/kucingmu akan mati!”.

Karena anak-anak pada zaman dulu sangat suka sekali memiliki hewan peliharaan dan begitu sayangnya dengan mereka. Jika mengetahui kalau hewan peliharaannya bakal mati, mereka kan pasti sedih. Oleh karena itu orangtua pada jaman dahulu dengan cerdasnya menggunakan ide untuk anaknya harus menghabiskan makanan supaya tidak lapar dan tidak membuang makanan sia-sia daripada hewan kesayangannya harus mati.

2. Keluar Maghrib Bisa Diculik oleh Wewe Gombel

Jauh sebelum kamu mengenal yang namanya HP, game online, TV dan juga game konsol, anak-anak kecil pada zaman dahulu punya kesibukan tersendiri. Yap, usai mereka pulang sekolah dan makan, mereka pasti akan menghabiskan waktu siang sampai sore hari bermain dengan teman-temannya. Dan ketika waktu Maghrib datang, mereka pasti akan langsung pulang karena ingat pesan orangtua mereka, “Jangan main di luar waktu Maghrib, Anak kecil kalau nggak nurut orang tua nanti bakal diculik Wewe Gombel!”.

Sejatinya sih mitos mengenai hantu Wewe Gombel sudah lama ada yakni itu adalah hantu yang suka mengambil anak kecil. Namun mitos ini sebetulnya adalah sebuah pendisiplinan waktu untuk anak-anak kecil. Di mana waktu Maghrib adalah merupakan pergantian siang ke malam dan tentunya momen mereka sudah ada di rumah usai beraktivitas seharian supaya bisa istirahat tenang dan bersekolah besoknya.

3. Ketika Bulu Mata Jatuh Berarti Sedang Ada yang Kangen

Katanya jika ada bulu mata kita yang tiba-tiba jatuh, berarti ada yang sedang kangen dengan kita. Entah siapa yang pertama kali menyebarkan mitos tersebut. Yang jelas ini sangatlah menggelikan. Atau kamu pernah mengalami dan membuktikan bahwa mitos ini benar?

4. Foto Bertiga

Apakah kamu sering mendengar kalau foto bertiga, orang yang berada di tengah maka akan meninggal lebih cepat. Apakah kamu percaya dengan mitos tersebut? Sebenarnya, mitos ini bukanlah asli Indonesia lho, mitos ini berasal dari Vietnam. Mereka meyakini angka tiga merupakan sebuah angka sial. Sehingga muncullah mitos tentang foto bertiga seperti ini.


Like it? Share with your friends!

89
89 points

What's Your Reaction?

Marah Marah
8
Marah
WOW! WOW!
5
WOW!
Takut! Takut!
2
Takut!
OMG! OMG!
26
OMG!
Suka Suka
24
Suka
Bingung Bingung
21
Bingung
LOL LOL
18
LOL

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format