Jika keluhan pusing saat bangun tidur kamu bukan berasal dari nyaringnya suara alarm pagi, berikut ini adalah beberapa kondisi kesehatan yang mungkin menjadi dalangnya. Jika pusing tersebut didiamkan dan tidak diatasi lebih lanjut, keluhan ini mungkin bisa membuat kamu berisiko jatuh, kejang, ataupun bahkan sampai hilang kesadaran, terutama untuk orang yang sudah berusia lanjut.

Dehidrasi

Salah satu penyebab yang paling umum pusing sehabis bangun tidur yaitu karena tubuh kamu sedang mengalami dehidrasi yang berlebih. Sakit kepala dan pusing sehabis bangun tidur, misalnya, bisa menjadi gejala hangover setelah kamu menenggak banyak minuman beralkohol pada malam saat kamu sebelum tidur. Karena minum alkohol sebelum tidur dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi yang berlebih lho.

Bahkan jika kamu tidak minum alkohol sekalipun, kamu masih mempunyai kemungkinan mengalami dehidrasi tersebut. Hal itulah yang bisa didasari jika kamu bekerja di lingkungan dengan suhu yang panas, tidak cukup hanya minum air selama beraktivitas di hari sebelumnya, suka mengonsumsi cairan diuretik seperti kopi dan teh, atau kamu adalah tipikal orang yang mudah berkeringat.

Gula Darah Rendah

Mengalami pusing setelah bangun tidur juga bisa menjadi salah satu faktor pertanda bahwa kadar gula darah dalam tubuhmu sedang rendah. Terlebih lagi, jika kamu menderita diabetes dan menggunakan insulin, hal tersebut memungkinkan untuk menjadi penyebab kamu pusing setelah bangun tidur.

Namun tetapi, jika pusing yang kamu rasakan tersebut berjalan dalam waktu yang lama, ditambah sedikit rasa lelah, kami sarankan untuk kamu berkonsultasi ke dokter pribadimu. Hal ini mungkin bisa menjadi gejala hipoglikemia yang harus segera diatasi.

Lalu, Bagaimana Cara untuk Mengurangi Resiko Terkena Pusing saat Bangun Tidur?

Salah satu hal penting yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi pusing saat pagi adalah dengan tetap terhidrasi di siang dan sore hari sebelumnya. Bahkan jika kamu tidak merasa haus, tubuhmu tetap berisiko mengalami dehidrasi lho, terutama saat kamu memiliki pekerjaan yang sangat aktif secara fisik, kamu bekerja di luar ruangan, atau bahkan kamu melakukan banyak olahraga atau latihan yang intens.

Dengan minum banyak air putih, hal ini dapat mencegah tubuhmu dehidrasi dan keluhan seperti lemas, pusing serta tidak bertenaga bisa teratasi. Tetapi juga jangan pula minum sembarang air ya. Lebih baik hindari menenggak minuman yang mengandung alkohol dan bersoda terutama sebelum kamu tidur, serta minumlah segelas air sebelum dan juga setelah bangun tidur. Ringkasnya agar nyaman, kamu bisa menyimpan gelas atau botol tepat di samping tempat tidurmu untuk menghalangi rasa mager minum air di pagi dan malam hari.

Jika beberapa hal diatas tidak berhasil, kamu mungkin memiliki kondisi medis yang menyebabkan kepalamu terasa pusing. Maka dari itu, lebih baiknya kamu harus berkonsultasi dengan dokter pribadimu untuk mencoba dan menentukan penyebab pusing yang sedang kamu rasakan sehabis bangun tidur setiap paginya.


Like it? Share with your friends!

68
68 points

What's Your Reaction?

Marah Marah
8
Marah
WOW! WOW!
5
WOW!
Takut! Takut!
2
Takut!
OMG! OMG!
26
OMG!
Suka Suka
24
Suka
Bingung Bingung
21
Bingung
LOL LOL
18
LOL

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format