Smartphone, sebuah benda elektronik yang mungkin bisa jadi benda inilah yang pertama kali kita lihat saat kita bangun tidur pertama kali dan yang terakhir kali kita lihat di malam hari sebelum kita terlelap. Bila kita pikir-pikir lagi entahlah berapa kali atau berapa lama kita memegang smartphone kita dalam sehari? Hmm, Mungkin tak terhitung.

Sebuah smartphone pada dasarnya adalah sebuah pabrik dopamin mini, yang akan memberikan perasaan senang kepada kita secara cuma-cuma ketika kita baru mendapat like di akun-akun sosial media, atau bahkan sebagai objek sebagai pengusir rasa bosan. Namun sayangnya, sistem dopamin ini tidak akan pernah bisa dipuaskan, maka kamu akan merasa butuh dan terus saja merasa butuh akan benda ini.

Itulah mengapa sebabnya setiap orang di dunia ini rata-rata meraih smartphone-nya 80 kali sehari. Bahkan faktanya lebih dari setengah individu yang berusia 18 tahun sampai 24 tahun mereka mencari kesenangan dengan bantuan sosial media.

1. Hindari Penggunaan Smartphone di 30 Menit Pertama Setelah Bangun dan 30 Menit Sebelum Tidur

Dalam penelitian Leslie Perlow, lebih dari 50% seseorang akan mengecek smartphone mereka sebelum dan sesudah tidur. Daripada kamu menghabiskan waktu kamu untuk kecanduan smartphone yang paling hanya sekedar melihat-lihat sosial media sangat diajurkan untuk kita semua melakukan hal positif seperti membaca buku, yoga, atau meditasi yang menambah kualitas tidurmu.

2. Hapus Aplikasi Smartphone yang Paling Adiktif

Bukan artinya mulai sekarang tidak bisa lagi menggunakan jejaring sosial seperti Instagram, Facebook, atau Twitter sama sekali ya.

Mungkin kamu bisa mulai mengecek update-nya via laptop saja agar tidak terlalu sering melihat smartphone mu.
Terlalu kejam? haha

Okay, mungkin hapus satu atau dua aplikasi tersebut dari smartphone kamu kecuali aplikasi grup keluarga atau bisnismu lho ya! Ini guna untuk membantu kamu menciptakan rasa “bosan” untuk sekedar melihat ponsel, karena ada perasaan “itu lagi-itu lagi” atau “ah gak seru”.

Hal ini bertujuan untuk menjadikan smartphone-mu begitu membosankan supaya kita tidak terlalu sering-sering melihatnya, hanya sekedar ketika ada hal yang penting saja.

3. Jagalah Jarak

Ini bisa diibaratkan sama halnya dengan “Jika kamu seorang perokok dan ada sebatang rokok di depan mata dan sementara kamu berusaha untuk menghindarinya, otakmu akan secara otomatis tetap akan memunculkan sebuah keinginan untuk mengambil sebatang rokok tersebut,” kata Price.

Hilangkanlah godaan tersebut dengan menyimpan smartphone di tas saat berada di kantor ataupun di laci meja saat kamu sedang mengobrol dengan kolega kantor, bahkan kamu bisa mengaktifkan fitur “Do Not Disturb” dalam smartphone-mu. Jika kamu FOMO (Fear of Missing Out), aturlah settingan ponsel yang memungkinkan untuk menerima panggilan hanya dari orang-orang tertentu saja.

4. Matikan Notifikasi Aplikasi pada Smartphone

Notifikasi pada beberapa aplikasi pada smartphone-mu itu penting kehadirannya. Namun tetapi, ada baiknya untuk kamu mematikan beberapa notifikasi pada aplikasi-aplikasi sosial media yang kurang penting.

Sangat disarankan, gunakan aplikasi yang dibutuhkan saja, ketika kamu mengunduh satu aplikasi tentu akan berdampak pada bertambahnya waktu penggunaan smartphone tersebut.


Like it? Share with your friends!

78
78 points

What's Your Reaction?

Marah Marah
2
Marah
WOW! WOW!
26
WOW!
Takut! Takut!
24
Takut!
OMG! OMG!
21
OMG!
Suka Suka
18
Suka
Bingung Bingung
16
Bingung
LOL LOL
13
LOL

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format