Perkembangan teknologi memang tidak ada matinya, dan sepertinya perkembanganya sangat cepat dalam segala bidang. Mulai dari, transportasi, belanja, bahkan kebutuhan pokok juga. Bidang keuangan juga tidak mau ketinggalan, sekarang teknologi juga sudah masuk kedalam bidang keuangan, sekarang bermunculan perusahaan-perusahaan fintech. Tawaran yang diberikan pun beragam, mulai dari investasi, payment, dan juga pinjaman sekarang online. Namun, kurangnya informasi yang masyarakat peroleh membuat orang sering kena tipu. Kamu perlu mengetahui beberapa tips ini dalam memilih perusahaan  yang terpercaya dan juga aman.

1. Perlu Membandingkan dengan Fintech Lainnya

Tentunya kamu perlu membandingkan antara fintech yang satu dengan yang lainya, ya memang kamu juga harus matang dalam mengambil keputusan. Sama halnya jika kamu memutuskan meminjam uang dari aplikasi online yang sekarang sedang banyak dibicarakan orang. Tentu saja kamu perlu bandingkan kualitas dari perusahaan tersebut, kamu perlu memperhatikan banyaknya pinjaman, sistem penagihanya, serta proses disetujuinya yang cepat.

2. Pilih Fintech yang Berada di Bawah Pengawasan OJK

Sekarang perusahaan fintech banyak yang berkembang, namun tidak semuanya dalam pengawasan OJK. Tentunya lembaga keuangan yang legal harusnya sudah dalam pengawasan OJK karena diakui oleh pemerintah. Sampai bulan Juni 2018, hanya 54 perusaah fintech yang tercatat, 53 fintech konvensional dan 1 fintech syariah. Sebaiknya hindari  yang belum dalam pengawasan OJK, walaupun penawaranya sangat menggiurkan dan menarik.

3. Jangan Sepelekam Fasilitas Layanannya dan Kebijakan Privasi

Hal ini merupakan hal yang penting, namun sering diabaikan para pengguna teknologi ini. Sesungguhnya fasilitas layanan dan kebijakan privasi ini bisa dijadikan patokan kualitas, tanggung jawab serta keamanan dari fintech tersebut. Perlu disayangkan, aplikasi fintech terkdang tidak mencantumkan hal ini dan hanya terlihat dalam situs resminya.

4. Gunakanlah Aplikasi Simulasi Kredit

Sampai Juli 2018, YLKi atau Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia telah mencatat kurang lebih 50 aduan terhadap aplikasi pinjaman online. Pengaduan dari masyarakat pun bermacam-macam, dari perhitungan bunga, cara penagihan, serta denda yang tidak begitu jelas perhitungannya. Agar terhindar dari hal ini, kamu bisa gunakan aplikasi yang bisa mensimulasikan kredit. Aplikasi ini bisa kamu gunakan dalam menghitung bunga, besarnya cicilan, serta memberikan simulasi. Kamu hanya perlu masukan pinjaman pokok yang akan kamu ajukan, jumlah bunganya, dan juga tenornya. Maka dalam waktu yang singkat hasilnya akan terlihat, aplikasi ini perlu kamu gunakan sebelum kamu menandatangani kontrak.

5. Pinjamlah Sesuai Kebutuhan

Meskipun prosesnya bisa dikatakan cepat dan mudah, namun kamu harus tetap jaga diri. Jangan mudah tergiur meminjam yang mungkin melebihi kebutuhanmu, karena pinjaman ini merupakan sebuah tanggung jawab yang harus dibayar. Sebaiknya, gunakan aplikasi ini jika benar-benar kamu butuhkan saja, kamu juga menilai kemampuan dirimu dulu dalam membayar angsuran perbulanya. Supaya terhindar dari pinalti ataupun denda.


Like it? Share with your friends!

77
77 points

What's Your Reaction?

Marah Marah
8
Marah
WOW! WOW!
5
WOW!
Takut! Takut!
2
Takut!
OMG! OMG!
26
OMG!
Suka Suka
24
Suka
Bingung Bingung
21
Bingung
LOL LOL
18
LOL
Miranda

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format